Thursday 18 December 2014

Apa itu Layanan CDN

Anda yang membuka artikel inin pasti bertanya apa itu CDN ?, seperti apa bentuknya ?, rasanya apa ya ? (hehehe). Oke mari kita cekidot......., CDN (COntent Delivery Network) merupakan teknologi terbaru sebagai mirroring seluruh konten web anda baik itu image, CSS, Video, dan script lainnya. CDN memberikan kemudahan akses bagi para pembuka website anda terutama yang berada di luar negeri, dengan adanya layanan CDN website anda dapat diakses dengan cepat walaupun anda tidak menggunakan jasa hosting internasional melainkan website anda akan di mirroring dengan layanan CDN tersebut.

Layanan CDN
Skema CDN (Content Delivery Network)


Oke kalau masih kurang paham langsung ke studi kasus, misalnya anda mempunyai sebuah website dengan layan hosting lokal ataupun hosting privat, pasti website anda akan mengalami kesuulitan saat dibuka diluar negeri seperti contoh di Eropa, USA, Australia walaupun anda lihat di statistik anda bahwa halaman web anda telah mendapatkan pengunjung dari internasional padahal kenyataannya hanyalah halaman kosong yang diperoleh oleh para bule-bule tersebut (gak percaya?, coba aja sendiri deh), nah dengan adanya layanan CDN hal tersebut dapat tertuntaskan dan bule-bule tersebut akan mendapatkan halaman web anda secara utuh.

Layanan CDN juga dapat meningkatkan keamanan untuk halaman web anda dikarenakan para crawler, hacker dan penguji lainnya tidak memperoleh akses langsung melainkan halaman mirroring dari website anda, selain itu, dengan mengunakan layanan CDN tidak akan membebani resource server hosting dikarenakan sangat ringan kinerjanya dan tidak menyebabkan overload proses. Layanan CDN sangat cocok diterapkan bagi anda yang ingin mempunyai website yang ingin go-internasional, memiliki trafik pengunjung yang tinggi dari para bule-bule internasional, memiliki web dengan limit minimal namun tanpa suspend ataupun limitasi dari provider hosting. CDN juga telah digunakan oleh beberapa CMS yakni Wordpress dan Joomla.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts